Rabu, 17 November 2010

CARA MENFLASH CHIP BIOS

Bagaimana cara untuk menflash mod-chip dengan IC SST49LF020
atau lebih dikenal sebagai cheap-mod

PROSES INI MEMILIKI RESIKO TINGGI, APABILA TERJADI KEGAGALAN MAKA MOD-CHIP ANDA TIDAK AKAN DAPAT DIGUNAKAN LAGI. APABILA HAL ITU TERJADI MAKA ANDA HANYA BISA MELAKUKAN PENGGANTIAN MOD-CHIP.
SEBELUM MELAKUKAN PROSES INI, PASTIKAN DAHULU KALAU DI KOTA ANDA BERADA TERSEDIA TOKO YANG BERSEDIA MEMASANG DAN MENJUAL MOD-CHIP JENIS CHEAP-MOD.
APABILA TIDAK ADA TOKO TERSEBUT, MAKA SAYA TIDAK MENGANJURKAN UNTUK MELAKUKAN PROSES FLASH UNTUK MOD-CHIP JENIS INI !!!
Cara untuk mengetahui mod-chip anda adalah dengan menggunakan program Bios Check, apabila dalam Bios Check IC anda ternyata berjenis SST49LF020 berarti anda menggunakan mod-chip dengan jenis cheap-mod atau mod-chip murah dengan kapasitas bios sebesar 256 Kb.
Mod-chip yang menggunakan IC ini sangatlah mudah untuk ditemukan di indonesia. Karena sangat murah, benyak penjual XBOX di indonesia menggunakan Mod-chip type ini sebagai paket penjualan XBOX mereka. Mod-chip ini sering disebut sama mereka sebagai Xecuter ataupun Matrix bukan karena jenis mod-chipnya, melainkan dari jenis bios yang digunakan.
Adapun beberapa mod-chip yang menggunakan IC ini yaitu :
Apple-X Apple-X III X-Killer V2 X-Killer V3
Cara untuk men-flash mod-chip ini sangatlah gampang.
Pertama-tama anda harus mendownload program dengan nama Xflash for SST49lf020 v2 yang dapat anda dapatkan dari XBINS.
Kedua anda harus mendownload bios yang anda inginkan yang dapat anda dapatkan dari XBINS juga.
File yang Xflash for SST49lf020 v2 yang berbentuk ZIP dapat anda extract dan anda msukkan kedalam xbox via FTP ataupun CD.
Didalam program Xflash for SST49lf020 v2 ada sebuah folder yang bernama "flash", didalam folder inilah anda dapat memasukkan bios 256Kb yang ingin anda masukkan kedalam mod-chip anda. Didalam folder ini ada sebuah bios yang bernama EvoX 2.5 - Blue- 256k.bin yang merupakan bios percobaan. Tetapi setelah saya cek dengan BiosScan Versi Windows, ternyata ada error dalam bios ini, jadi sebaiknya jangan digunakan.
Setelah anda masukkan program ini kedalam xbox dan juga memasukkan bios dalam folder flash, anda dapat menjalankan program xflash dari dalam xbox anda.
Pencet start untuk memilih bios 256kb yang telah anda siapkan.
Pencet start lagi untuk men-flash bios 256kb tersebut kedalam mod-chip anda.
Pencet tombol putih apabila sudah selesai men-flash untuk me-reboot xbox.
PERINGATAN : Saya hanya menganjurkan untuk menggunakan Bios Genuine atau bios asli yang belum dimodifikasi, karena bios ini sudah lulus uji coba dari pabrikan pembuat bios. Keaslian bios ini dapat anda cek dengan menggunakan program BiosScan PC yang terdapat 1 paket dengan program BiosChecker. Apabila bios berfungsi dengan sempurna maka akan dapat dikenali dengan program BiosScan versi PC tersebut. Kesalahan dalam men-flash sebuat cheap-mod sangatlah fatal. Anda harus mengganti mod-chip anda dengan mod-chip yang baru. Karena cheap mod tidak memilik back-up bios ataupun external programmer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar